Jumat, 01 Agustus 2008

Printer Untuk Kasir/Point Of Sales Aplikasi Komputer Untuk Apotek (AKUA)

Di dalam Software Aplikasi Komputer Untuk Apotek (AKUA) ini ada dua tipe hasil print out yaitu laporan dan print-out struk.

Untuk print-out laporan printer jenis apapun bisa digunakan tapi khusus untuk struk, hanya printer dengan koneksi LPT saja yang bisa digunakan, hal ini karena untuk LPT pengendalian pemakaian kertas bisa dikendalikan oleh software, jadi misalkan penjualan hanya 3 item, dan total baris hanya 10, print hanya sepanjang 12 cm, maka sepanjang itu sajalah yang akan diprint, berbeda bila pengendalian printer sudah diserahkan via windows lewat driver nya.

Maka output kertas tidak bisa distop sepanjang hanya pemakaian saja, tapi panjang kertas yang digunakan akan keluar adalah sepanjang jenis kertas yang di set di properties printer, bisa sepanjang A4, legal/folio dsb, pokoknya sepanjang 1 halaman berhentinya, sangat boros bukan.

Penggunaan printer dengan LPT ini bisa dilihat di wartel wartel yang rata rata printernya masi dot matrix, karena dot matrix investasi hanya mahal diawal tapi sangat bandel dan murah untuk perawatan dan penggunaan selanjutnya.

Yang jadi masalah akhir akhir ini adalah, rata rata komputer baru sudah tidak menyertakan port LPT lagi, sampai skarang saya belum mencoba device converter USB ke LPT, karena terdeteksi oleh windows tetaplah port USB.

Jadi mohon pastikan bahwa saat pembelian komputer/PC untuk apotek anda, bahwa komputer tersebut masih memiliki port LPT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar