Jumat, 22 Agustus 2008

Fitur Bagus

Aplikasi AKUA dan AKUR ada beberapa klien saya yang meminta fitur yang saya rasa bagus sekali tapi agak sulit untuk diterapkan karena keterbatasan waktu
saya.

Yang pertama adalah fitur tracking item dengan memanfaatkan data Batch, fitur ini fitur yang besar, dimana biasanya aplikasi aplikasi yang menerapkan nya
adalah aplikasi selevel enterprise, yaitu tracking inventori yang biasanya ada di ERP (enterprise resource planning), fitur ini menghendaki, entri entri
pembelian yang memiliki data batch, didata juga saat transaksi penjualan.

Hal tersebut tentunya baik bila di terapkan, tapi berhubung fokus saya adalah apotek menengah kebawah, fitur tersebut akan cukup merepotkan bila harus
diterapkan, karena pendataan akan lebih banyak dilakukan, yaitu di saat penjualan.

Berbeda dengan apotek besar yang memang barang barang keluar adalah dalam volume per-batch, tentunya tidak masalah bila hal tersebut dicatat saat
penjualan, tapi di apotek, kemungkinan satu batch itu tidak habis dijual, maka kerepotan akan terjadi disini.

Untuk hal tersebut, maaf fitur nya belum bisa saya terapkan, paling tidak untuk saat ini.

Yang kedua adalah fitur untuk multi lokasi. Jadi ada fitur secara singkat bisa melakukan sinkronisasi antar cabang ke pusat.

Fitur yang bagus, akan saya usahakan supaya bisa diterapkan, tapi terus terang sinkronisasi adalah hal "menyeramkan" karena saya pernah membuat aplikasi
semacam ini, dengan aplikasi yang cuma memiliki 6 tabel di database mySQL, kurang lebih saya harus melakukan 83 step step untuk memastikan bahwa semua itu
sinkron dan sama.

Sinkronisasi adalah hal yang memusingkan bila harus dilakukan otomatis, misalnya, bila antar cabang dan pusat, pusat melakukan edit terhadap sebuah data,
nah antara cabang dan pusat ini mana yang menang?, padahal ceritanya kan cabang update ke pusat, belum bagaimana masalah tentang jaringan yang stabil
harus tersedia lebih dahulu agar sinkronisasi berhasil, ya karena kasus menyeramkan lainnya bila saat sinkronisasi, tiba tiba jaringan terputus.

Banyak cara untuk sinkronisasi ini, perlu dipertimbangkan masak masak.

Hal lainnya adalah saya akan melakukan migrasi database menggunakan mySQL, karena setelah melakukan pengamatan, dan percobaan, mySQL sekarang sudah lebih
mudah dalam manajemen dan maintenancenya, tidak seperti dahulu.

Jadi tidak akan ada lagi single klien atau multi klien untuk AKUA, lebih mudah di pembelian lisensi dan migrasi bila hendak berubah dari penggunaan hanya
1 PC menjadi lebih dari 1 PC.

Mohon Doanya Saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar